Senin, Februari 4

Beberapa Jenis Passing(Operan) dalam Bola Basket


Two Handed Chest Pass
Operan dada adalah operan yang umum dilakukan bila tidak ada pemain bertahan diantara pengoper dan pemain setimnya. Cara melakukan operan ini adalah memegang bola setinggi dada dan dekat dengan badan. Siku ditekuk dan jari-jari terbuka memegang bola. Saat bola dilepaskan, lengan dan tangan diluruskan dengan telapak tangan menghadap keluar. Jenis operan ini adalah yang paling akurat.

Two Handed Bounce Pass
Gerakan dasar operan memantul sama dengan operan dada, meskipun situasi saat dilakukannya berbeda. Operan memantul sering dilakukan pada permainan pivot ketika mengoper ke teman setimnya yang dijaga dari belakang, atau dalam situasi dimana operan dada tidak mungkin dilakukan.

Two Handed Overhead Pass
Operan ini biasanya dilakukan untuk melempar bola ke daerah post tinggi dan rendah, atau sebagai lemparan yang mengawali serangan cepat setelah bola memantul atau saat lemparan ke dalam.

One Hand (Baseball) Pass
Operan jarak jauh yang dilakukan dari lebih setengah panjang lapangan. Operan ini tidak terlalu akurat namun berguna pada serangan cepat.

One Hand (Push) Pass
Operan dorong adalah operan cepat yang dilakukan dengan satu tangan dalam jarak dekat. Operan ini dilakukan dari dekat telinga dan bertumpu pada siku yang tertekuk. Hasilnya bias berupa lemparan lurus atau melengkung.

Behind The Back Pass
Operan ini dianggap sebagai operan angan-angan, namun sekarang ini sudah menjadi senjata menyerang yang umum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar