Senin, Februari 4

Beberapa Macam Dribbling Dalam Bola Basket

Saat dribble, pemain menjaga bola tetap berada di sisi atau di depan tubuhnya yang berada jauh dari pemain bertahan. Untuk melakukan dribble, bola didorong pelan ke bawah dengan kondisi jari tangan terbuka. Semua pemain harus berlatih melakukan dribble dengan baik menggunakan tangan kiri maupun kanan tanpa melihat bola.

Macam-macam driblle :

Change Of Pace Dribble
Dribble ini adalah paling umum dalam bola basket dan digunakan untuk membuat pemain bertahan berfikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble, atau mencari teman se-tim untuk mengoper tetapi tetap mempertahankan dribble, dan melewati pemain bertahan dengan kecepatan penuh.


Low or Control Dribble

Dribble ini dilakukan setisp kali pemain dijaga ketat. Tipe dribble ini hanyalah menjaga bola tetap rendah dan terkontrol. Bola didribble di sisi tubuh, jauh dari pemain bertahan. Telapak tangan mendrible dijaga tetap diatas bola.

Hight or Speed Dribble
Ketika pemain berada di lapangan terbuka dan harus bergerak secepatnya dengan bola, maka ia akan menggunakan dribble ini. Ketika berlari dengan cepat, pemain akan mendorongbola didepannya den membiarkannya melambung ke atas sampai setinggi pinggulnya. Tangan yang mendribble tidak berada tepat di atas bola, melainkan di belakang.

Crossover Dribble
Dribble dengan satu tangan yang kemudian saat mendekati pemain bertahan akan mendorong bola melewati tubuhnya kearah tangan yang lain. Gerakan ini sangat bagus untuk memperdaya pemain bertahan, namun bola bias dicuri bila tidak dilakukan dengan baik karena bola tidak terjaga.

Behind The Back Dribble
Jenis dribble ini digunakan ketika pemain mengganti arah supaya terbebas dari pemain bertahan. Bola digerakkan dari satu sisi tubuh ke sisi tubuh yang lain dengan mengayunkannya di belakang tubuh.

Between The Legs Dribble
Dribble ini adalah cara cepat untuk memindahkan bola dari tangan satu ke tangan lainnya lewat sela kaki. Dilakukan ketika pendribble dijaga dengan ketat atau ia ingin mengganti arah.

Reverse Dribble
Dribble yang dikenal dengan spin dribble atau roll dribble ini juga salah satu jenis dribble yang dilakukan untuk mengganti arah dan memantulkan bola dari tangan satu ke tangan yang lainnya ketika dijaga ketat. Agar efektif, dribble ini harus dilakukan dengan cepat saat pendribble mendorong bola ke lantai dan berputar mengelilingi pemain bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar